Pages

Minggu, 03 Mei 2015

TUBUH IDEAL

TUBUH IDEAL
Tubuh ideal??? Siapa yang tidak ingin memilikinya.
 Tetapi mendapatkannya  tidaklah semudah mengucapkannya lho. Terkadang kita mengira bahwa seseorang ataupun kita pribadi telah memiliki tubuh yang ideal. Padahal itu belum tentu benar. Karena orang yang memiliki tubuh yang ideal adalah orang yang asupan gizinya seimbang.
Bagaimanakah cara kita mendapatkannya???

Yaitu dengan memenuhi asupan gizi kita yang perpedoman kepada PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang).PUGS  ini dikeluarkan oleh Direktorat Gizi, Depkes pada tahun 1995 berisikan 13 pesan yang harus dipenuhi untuk memperoleh gizi seimbang. tiga belas pesan itu adalah:
 1.Makanlah aneka ragam makanan,
tidak satupun dari makanan yang mempunyai semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh,semua makanan pasti memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masingnya. Untuk menutupi kekurangan-kekurangan itu diperlukan keterkaitan antara suatu jenis makanan dengan makanan yang lain. supaya kekurangan zat gizi makanan yang satu dapat ditutupi dengan zat gizi yang didapat dari makanan yang lain.Untuk dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang membutuhkan 5 kelompok zat gizi..yaitu makanan sumber zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein), zat pengatur (vitamin dan mineral) dan lemak dengan komposisi yang jelas.
Menurut dokter fiastuti komposisi yang jelas itu terdiri atas 45-65 persen karbohidrat, 10-25 persen protein dengan perbandingan antara hewani dengan nabati adalah 2:1, dan lemak 25-40 persen, dengan tambahan vitamin A, B, C,D, E, K dan Ca
2. Makanlah makanan untuk memenuhi kebutuhan energi.
Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dari tiga sumber utama, yaitu karbohidrat, protein dan lemak. 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kCal energi, 1 gram protein akan menghasilkan 4 kCal energi, sedangkan 1 gram lemak akan menghasilkan 9 kCal energi.
Kecukupan energi didalam tubuh seseorang dapat kita ketahui dari berat badannya yang ideal. Cara mengetahui kalau berat badan kita ideal adalah dengan membagi berat dengan tinggi badan kuadrat. Secara matematisnya :

Berat badan (kg) / [tinggi badan(cm) X tinggi badan (cm)]

Maka akan diperoleh hasil:
  •  Kurus Kekurangan BB tingkat berat : < 17.0
  • Kekurangan BB tingkat ringan : 17.0 – 18.5
  • Normal : 18.5 – 25.0
  • Gemuk Kelebihan BB tingkat ringan : > 25.0 – 27.0
  • Kelebihan BB tingkat berat : > 27.0
3. Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi.
Terdapat dua kelompok karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.
Makanan sumber karbohidrat kompleks adalah padi-padian (beras, jagung, gandum); umbi-umbian (singkong, ubi jalar, kentang); dan makanan lainnya seperti tepung, sagu, dan pisang. Sedangkan gula sebagai karbohidrat sederhana, tidak mengandung zat gizi lain. Konsumsi gula yang berlebih dapat mengurangi peluang terpenuhinya zat gizi lain.
WHO (1990) menganjurkan agar 55 – 75% konsumsi energi total berasal dari karbohidrat kompleks dan paling banyak hanya 10% berasal dari gula sederhana.
4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kecukupan energi.
Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin-vitamin A, D, E, dan K, serta menambah lezatnya hidangan. Konsumsi lemak dan minyak yang paling sedikit 10% dari kebutuhan energi.
Seyogyanya menggunakan lemak dan minyak nabati, karena minyak nabati mudah dicerna oleh tubuh.sedangkan Mengkonsumsi lemak hewani secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri dan penyakit jantung koroner.
5. Gunakan garam beriodium untuk mencegah timbulnya Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI).
Garam beriodium adalah garam yang mengandung kalium iodat (KIO3) sebanyak 30-80 ppm. Garam beriodium sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan seorang anak dan mencegah terjadinya penyakit gondok. Dianjurkan mengkonsumsi garam beriodium tidak lebih dari 1 sendok teh perharinya.
6. Makanlah makanan sumber zat besi
Sumber zat besi yang baik adalah sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, hati, telur dan daging. Zat besi sangat berpengaruh dalam proses pembentukkan sel darah merah oleh karena itu kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.
7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 4 bulan.
ASI (air susu ibu )adalah makanan terbaik bagi bayi. Karena ASI mengandung berbagai komponen spesifik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh bayi serta dapat meningkatkan IQ anak. ASI juga dapat mempererat ikatan emosional antara seorang anak dengan ibunya. So, berilah ASI kepada bayi-bayi anda!! Gak rugi kok selain lebih ekonomis ASI juga memberikan keuntungan yang lebih baik bagi bayi dari pada susu biasa. Bukannya menakut-nakuti.tapi seorang  ibu yang tidak menyusui anaknya bisa menderita kanker payudara
lho.
8. Biasakan makan pagi (sarapan)
Banyak orang yang menganggap sepele sarapan,karena Inilah itulah begitu banyak alasan untuk tidak makan pagi. Padahal sarapan dapat memelihara ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas kerja. Juga bagi para pelajar sarapan dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran. Tidak sarapan bahkan dapat menyusutkan volume otak dan tidak sarapan juga dapat meningkatkan suatu hormone yang memicu pertambahan berat badan serta memberikan efek ‘kelaparan’ pagi pelakunya.
9. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya,
yaitu minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya, agar proses faali dalam tubuh dapat berlangsung dengan lancar dan seimbang. Fungsi air dalam tubuh adalah
:
  • melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh.
  • mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh.
  • mengatur suhu tubuh.
  • melancarkan dalam proses buang air besar dan kecil.
10. Lakukan kegiatan fisik dan olah raga secara teratur
Aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi setiap orang. Karena dapat meningkatkan kebukaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot serta memperlambat proses penuan.

11. Hindari minum minuman beralkohol.
minuman beralkohol selain diharamkan oleh agama dan merupakan dosa besar juga dapat mendatangkan bahaya baik dari segi kesehatan maupun kerusakan hubungan dengan masyarakat sekitar dan keluarga.
12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan,
Yaitu makanan yang bersih.layak untuk dimakan,tidak basi dan tidak mendatangkan penyakit sesudah memakannya. Juga baik dari segi agama (halal)
13. Bacalah label pada makanan yang dikemas,
Label pada makanan yang dikemas adalah keterangan tentang isi, jenis dan ukuran bahan-bahanyang digunakan, susunan zat gizi, tanggal kadaluwarsa dan keterangan penting lainnya.
Perhatikanlah dengan seksama keterangan-keterangan itu,apakah itu sesuai dengan yang kita butuhkan??? “Jangan asal enak lalu dibeli”
Setelah kita mengetahui bersama ketiga belas pesan PUGS diatas. Sekarang saatnya kita mempraktekkannya. Tubuh idea ?! kami dataaaaaaaaang . J J J

Ingatlah!!! jika kita menginginkan sesuatu hal maka laluilah jalan mendapatkannya dengan penuh semangat,kedisiplinan dan kerja keras tanpa perlu takut akan gagal mendapatkannya. - Resti Luthfia- 

Tidak ada satupun hal yang sia-sia didunia ini. Kegagalan pun bisa jadi adalah awal kesuksesan dimasa depan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar